Home » , , » Messenger, Pesawat Ruang Angkasa NASA Menjepret Foto Merkurius Pertama

Messenger, Pesawat Ruang Angkasa NASA Menjepret Foto Merkurius Pertama

NASA merilis foto Merkurius pertama yang dijepret oleh Pesawat ruang angkasa Messenger (singkatan dari MErcury Surface, Space ENvironment, GEochemistry, and Ranging), menampilkan pemandangan yang dihiasi dengan sejumlah kawah.



Pesawat Messenger ruang angkasa NASA mengabadikan foto Merkurius pada tanggal 29 Maret 2011. Foto planet yang paling dekat dengan matahari tersebut memperlihatkan pemandangan abu-abu permukaan selatan Merkurius, yang didominasi oleh kawah berukuran besar.


"Gambar ini adalah gambar pertama yang pernah diperoleh dari sebuah pesawat ruang angkasa di sekitar orbit planet tata surya terdalam," ilmuwan misi Messenger menjelaskan dalam sebuah pernyataan.


Foto baru Merkurius tersebut menunjukkan sebuah daerah di sekitar kutub selatan Merkurius. Sebuah kawah berdiameter 83 mil (85 kilometer) disebut Debussy, yang tampak jelas menonjol di kanan atas dalam foto, dengan sinar terang yang berasal dari pusat kawah.


Sebuah kawah yang lebih kecil disebut Matabei, yaitu berdiameter 15 mil (24 km) dan dikenal dengan "sinar gelap yang tidak biasa," juga terlihat pada gambar di sebelah barat kawah Debussy.


Foto Merkurius ini telah diposting di situs misi Messenger yang dikelola oleh Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory, yang mana bertugas mengawasi penerbangan untuk NASA.


Foto Merkurius tersebut adalah foto pertama dari 363 foto yag dijepret oleh Messenger selama enam jam pengamatan di sekitar Merkurius. Foto-foto tersebut diharapkan dapat mencakup area merkurius yang sebelumnya tak terlihat.


Messenger, yang luncurkan pada tanggal 3 Agustus 2004, tiba di Merkurius pada tanggal 17 Maret 2011 setelah melalui bumi dan venus, lebih dari 6,5 tahun lamanya setelah diluncurkan dari Bumi.



Satelit Messenger seharga $ 446.000.000 tersebut diharapkan menghabiskan sedikitnya satu tahun mengorbit memantau Merkurius. Satelit ini berada dalam orbit yang berbentuk elips pada titik terdekat 124 mil (200 kilometer) dari Merkurius dan 9.300 mil (15.000 km) pada titik terjauh.


Fase utama misi penelitian ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 April 2011, saat dimana Messenger akan mulai memetakan seluruh permukaan Merkurius, suatu proses yang akan memerlukan sekitar 75.000 gambar. Para ilmuwan berharap pesawat ruang angkasa Messenger akan membantu menjawab misteri lama atas sejarah dan pembentukan geologi planet itu.


Meski Messenger adalah misi pertama yang sukses mengorbit di sekitar Merkurius, Messenger bukanlah pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi planet Merkurius. Pesawat ruang angkasa NASA Mariner 10 mengunjungi Merkurius sebanyak tiga kali pada pertengahan 1970-an.
Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi / Pengetahuan / Tehnologi dengan judul Messenger, Pesawat Ruang Angkasa NASA Menjepret Foto Merkurius Pertama. Jika sobat rasa artikel ini menarik silakan di share dengan meninggalkan URL http://taukahbahwa.blogspot.com/2011/05/messenger-pesawat-ruang-angkasa-nasa.html. Terima kasih atas kunjungannya!

0 komentar:

Poskan Komentar